SUARA MINANG - Hari ini: Senin, 10 Februari 2020

Menu

Pameran dan Koferensi Industri Pertambangan Digelar 12-14 September 2018 di Jakarta

  Dibaca : 120 kali
Pameran dan Koferensi Industri Pertambangan Digelar 12-14 September 2018 di Jakarta

SUARAMINANG.com, JAKARTA – Pameran dan konferensi industri pertambangan (minning & engineering) melibatkan delapan negara segera digelar di Jakarta selama tiga hari dimulai 12 September 2018.

Delapan negara yang berpartisipasi dalam pameran dan konferensi M&E Indonesia yakni ,Indonesia, China, Taiwan, Australia, Swiss, South Africa, Cekoslovakia dan Canada,  akan menampilkan beragam inovasi, teknologi dan jasa pertambangan.

Acara keempat kali ini diselengarakan oleh asosiasi pertambangan melibatkan lima organisasi pertambangan terkemuka di Indonesia. Pelaksana Reed Panorama Exhibitions bersama empat asosiasi pertambangan lainnya menyatakan M&E untuk menciptakan peluang,  jaringan kerjasama, membuka wawasan dan teknologi. Empat asosiasi lainnya itu, Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (ASPINDO), Asosiasi Pertambangan Batubara  Indonesia (APBI), Perhimpunan Agen Tunggal Alat Berat Indonesia (PAABI), dan Indonesia Mining Association (IMA).

“Sejalan dengan komitmen kami kepada industri, penyelenggaraan M&E Indonesia 2018 ini diharapkan mampu memberikan  peranan penting dalam menciptakan peluang yang berpotensi untuk pemain tambang, terutama di Indonesia,  ASEAN dan Kawasan Asia Pasifik,” kata General Manager Reed Panorama Exhibitions (RPE) Steven Chwee mengatakan dalam konferensi pers persiapan M&E di Jakarta,  Rabu (29/8/18).

Dia menambahkan, pihaknya berkomitmen agar kegiatan itu mampu menciptakan peluang bisnis pertambangan.  Selain itu M&E yang mengusung tema “The Mining Innovation Hub”, mining & engineering Indonesia 2018 digelar di JIEXPO Kemayoran,  Jakarta Utara, juga mampu menjadi  katalis yang memberikan pandangan baru terhadap industri tambang dan sektor pendukungnya sehingga dapat mendukung industri dan menghasilkan solusi nyata bagi kemajuan pertambangan di Indonesia.

Terkait perkembangan pertambangan akhir-akhir ini, Executive Director APBI-ICMA) Hendra Sinaga mengatakan, membaiknya harga komoditas batubara di  2018 merupakan peluang besar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Selain dapat meningkatkan pendapatan negara dari sektor pertambangan batubara, kenaikan harga ini juga membawa berkah bagi pelaku usaha tambang dan industri pendukung serta menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Bima Dwikora, Ketua II PAABI menambahkan, membaiknya harga komoditas batubara diharapkan mampu mendorong pertumbuhan bisnis alat berat. “Oleh karenanya penyelenggaraan acara ini sangat membantu kami untuk bertukar informasi dan pengetahuan antar pelaku usaha,” kata dia.

Joko Widajatno,  Executive Director Indonesia Mining Association (IMA) mengatakan, Indonesia layaknya putri cantik yang siap diperebutkan. “Kekayaan mineral dan batubara membuat para investor berlomba untuk berinvestasi, oleh karena itu  melalui konferensi ini kami berharap bisa berbagi informasi mengenai peluang investasi dan regulasi di Indonesia,” ujarnya.

Bambang Tjahjono, Executive Director ASPINDO mengatakan, ajang ini merupakan kesempatan untuk bertemu dan bekerjasama untuk mencapai tujuan. “Yakni menciptakan trend industri yang terus berkembang namun tetap menerapkan praktek pengelolaan lingkungan yang baik dan aman,” kata Bambang.

Diinformasikan melalui rilis panitia penyelenggara, selain ruang pamer, Mining & Engineering juga dilengkapi dengan beragam program edukasi yang dikemas dalam rangkaian kegiatan konferensi dan panel discussion yang membahas mengenai teknologi dan inovasi terkini industri tambang.

Sektor pertambangan merupakan salah satu  industri yang memiliki kontribusi terbesar dalam perekonomian Indonesia, kondisi geologi yang sempuna menjadikan Indonesia kaya akan sumberdaya alam  dan mineral. Kekayaan mineral  yang besar membuat Indonesia banyak dilirik dan diminati oleh para investor. idh chan

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional