SUARA MINANG - Hari ini: Jum'at, 10 Juli 2020

Menu

Program Menteri KKP Langgar Misi Petahanan

  Dibaca : 101 kali
Program Menteri KKP Langgar Misi Petahanan
Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan

SUARAMINANG.com, JAKARTA – Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah Menteri Susi Pujiastuti yang diandalkan presiden justru kontraproduktif bagi pemenangan petahana dalam pemilu presiden 2019 mendatang.

Anggota Komisi IV DPR Daniel Johan di Jakarta,  Kamis (27/8) mengungkapkan hal itu terkait janji kampanye khususnya dibidang ekonomi Capres Jokowi – Makruf Amin dan Capres Prabowo – Sandiaga Uno pada pemilu 2019.  Menurut dia program ekonomi Jokowi Makruf Amin melalui KKP itu  justru bertolakbelakang dengan misi petahana.

“Kebijakan Susi (Menteri KKP Susi Pujiastuti) justru melanggar misi JKW-MA,” kata anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PKB Daniel Johan di Jakarta,  Kamis (27/8).

Itu sebabnya, Daniel mengkhatirkan kebijakan Menteri Susi yang menjadi andalan program Capres Jokowi sebagai program ekonomi yang akan menjadi pertaruhan nama di mata masyarakat.

“Sangat mengkhawatirkan apabila andalan program Jokowi adalah kebijakan Susi. Sangat disayangkan apabila industri perikanan tetap dijadikan korban untuk meningkatkan citra prestasi Jokowi dan Susi,” ujarnya.

Disektor kelautan dan perikanan itu, menurut Daniel program yang dibutuhkan adalah industri bidang perikanan di samping tetap melakukan pemberantasan illegal fishing.

“Fokus pemerintah seharusnya pembangunan industri perikanan. Pembangunan industri perikanan sangat bisa dicapai tanpa mengurangi pemberantasan ilegal fishing dan kepedulian terhadap lingkungan hidup,” kata Daniel. .

Lalu, Daniel membeberkan hampir semua dari sembilan poin misi petahana yang justru memperlihatkan program itu negatif bagi pemenangan Jokowi Makruf Amin dalam pemilu nanti. Dilihat misi pada poin kedua, Kebijakan Susi menimbulkan high cost economy, pelaku industri perikanan jauh kurang efisien dibanding dulu.

Pada poin ketiga dipertanyakan prestasi Jokowi dalam pembangunan perikanana. “Misi ketiga,  Dimana prestasi pembangunan perikanan di Era Jokowi dan Susi? Semua fokus di pemberantasan,” jelas dia.

Selanjutnya disebutkan satu demi satu misi yang dikemukakan petahana dalam tarung pilpres 2019. “Misi #4: Industri perikanan menjauh dari industrialisasi, hal tsb menimbulkan higher carbon footprint dan les sustainable fisheries. Perikanan budidaya juga terlantar.”

“Misi kelima, Yang terjadi adalah pelestarian keterbelakangan. Misi enam, ketujuh dan delapan, KKP tidak ada kredibilitas, tidak ada kepastian hukum, tidak memberikan kepastian keberlanjutan usaha, tidak efektif dalam pembangunan industri perikanan,”  beber dia.

Selain itu, PPK dikatakan tidak bisa membangun kerjasama baik internal instansi pememrintah maupun dengan pihak lain.

“Misi ke sembilan, Terlihat jelas di dalam pemerintah pusat saja tidak ada sinergi (Kemenko Maritim dan KKP tidak bisa kerja sama), apalagi dengan pemerintah daerah,” tandasnya.  (Indra DH).

 

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional