SUARA MINANG - Hari ini: Rabu, 25 Maret 2020

Menu

Diaspora Minang, PKDP Berbenah Bangkitkan Girah Persatuan

  Dibaca : 19 kali
Diaspora Minang, PKDP Berbenah Bangkitkan Girah Persatuan

JAKARTA, Suara Minang – Perkumpulan urang awak masyarakat Minangkabau, Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) yang telah dikenal sebagai organisasi yang cukup solid di bulan suci ini melakukan pembenahan melalui program yang dikembangkan untuk membangkitkan girah persatuan.

Dalam pertemuan jelang waktu berbuka di kantor PPSDM Kemendagri, Kalibata Jakarta Selatan, Sabtu (18/5/19) para pengurus DPP PKDP bersemangat menjadikan organisasi ini sebagai wadah persatuan yang menghimpun kekuatan yang intinya untuk pengembangan sumber daya manusia dalam berbagai segi. Oleh karena itu, organisasi harus terus menerus berjalan dengan kegiatannya yang diwariskan secara terus menerus dan dibina bersama.

“Organisasi ini harus bersama bukan orang per orang maka harus rapi (program dan administrasinya),  nanti diwariskan bukan kita terus. Kita harus punya legalitas dalam segala hal, kita wujudkan ini,” kata Ketua Umum DPP PKDP H Refrizal.

Ketum menjelaskan banyak hal menyangkut pembenahan organisasi baik dari segi kesatuan, maupun kegiatan sosial, budaya, ekonomi, pendidikan maupun religiusitas. Hal penting yang kembali dikemukakan terutama terkait kartu keanggotaan (kartu Tanda Anggota/KTA) yang kini dipersiapkan multifungsi.

“Kita buat KTA yang bisa menjadi alat bayar. Kita mulai dari pengurus di DPP dibuat dipermudah sehingga semua anggota punya KTA,” kata dia.

Gagasan KTA multifungsi ini sudah dikemukakan sejak beberapa waktu belakangan. Kata Ketum, bahkan gagasan tersebut mendapat respon, termasuk Ikatan Keluarga Minang (IKM) yang telah melakukannya dengan iyuran yang cukup besar kartu kosong.

“Seperti IKM yg bikin KTA, ini atas gagasan PKPD,  dia kasih kartu kosong tapi bayar sejuta,” kata dia.

Senada Ketum, Sekjen Yuliandre Darwis menyampaikan, PKDP sebagai organisasi tengah merapikan administrasi hingga legalitas formal di Kemenkumham.

“Kita buat administrasi PKDP yang rapi. Legal formal bahwa SK DPP harus diserahkan ke Menkumham,  berdasarkan akta notaris. Semua dalam satu administrasi di Kesekjenan,” kata Yuliandre.

Dalam pertemuan membahas program DPP PKDP periode 2018-2023 itu, sejumlah ketua bidang mengemukakan pendapat baik bersifat introspeksi maupun rancangan kegiatan dan malahan laporan kegiatan seperti, Vast Piaman Fest atau Vestifal Piaman Lawah yang diselenggarakan di Blok M beberapa waktu lalu.

“Kenapa kita gunakan istilah ini (bahasa Inggeris) karena kita mau go international. Ada beberapa produk (kuliner) yang dipersiapkan go international seperti sala lauak,” kata Ketua Penyelenggara Vast Piaman Fest Sastri Bakri yang membeberkan kegiatan itu (berita terkait mengenai program dari bidang-bidang).

Beberapa ketua bidang yang menyampaikan pendapat dalam pertemuan itu, M Yusuf yang beberkan pendapat mengenai pembenahan eksistensi organisasi dari DPP hingga DPW, DPD, hingga kondisi DPW Pekanbaru yang perlu mendapat perhatian hingga Ketua Harian Hamidi Bustami terkait legalitas kegiatan DPP dan sekretariat DPP yang akan menempati Gedung Nasional Blok M dari pengusaha kondang H Sagi. idh

Editor:

Warning: array_merge(): Argument #2 is not an array in /home/suaramin/public_html/wp-content/themes/khobar/inc/theme-actions.php on line 357
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional