SUARA MINANG - Hari ini: Selasa, 7 April 2020

Menu

Pai Basapa Basamo Naiak Oto Perai, Majelis Taklim Do’akan Epi Karuik Menjadi Bupati Piaman

  Dibaca : 8 kali
Pai Basapa Basamo Naiak Oto Perai, Majelis Taklim Do’akan Epi Karuik Menjadi Bupati Piaman
Rombongan Majelis Taklim naik bus untuk pergi Basapa di Ulakan, Padang Pariaman, Sumbar. (Foto:Ist)

PIAMAN, Suara Minang – Majelis taklim yang mengikuti acara Basapa atau bersyafar ke Kompleks Makam Masjid Syekh Burhanuddin di Ulakan mendoakan Epi Karuik sukses menjadi Bupati Padang Pariaman (Piaman) pada pemilu serentak tahun depan.

Majelis Taklim dari Nagari Anduriang Kecamatan 2×11 Kayutanam Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman (Piaman) berangkat naiak oto perai pai Basapa itu atas fasilitas dari tokoh Piaman Epi Karuik atau lengkapnya Kompol Maymuspi, SE.MM, Panungkek Datuak Maruhun Basa yang dijagokan pada helat pemilihan kepada daerah secara nasional pada 2020.

“Kami senang kegiatan kami difasilitasi, ini pertama kalinya calon Bupati yang mau memfasilitasi acara Basapa ini. Semoga Pak Epi tercapai keinginannya (menjadi Bupati Piaman), aamiin,” ungkap Tuangku Naro selaku ketua Alek Atik Nan Panjang Nagari Anduring, Kayu Tanam, yang mengikuti acara Basapa di Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman sejak 16 Oktober hingga 26 Oktober 2019.

Alek Atik Nan Panjang atau kelompok berzikir (Badikie) di Nagari Anduriang mengemukakan rasa syukur karena kegiatan mereka menjadi lebih terorganisir ketimbang berangkat sendiri-sendiri pai Basapa.

“Benar, kami bersyukur sekali dengan keberangkatan secara bersama ini seperti orang pergi naik haji ke Makkah, alhamdulillah,” ucap Tuangku Naro.

Angggota pengajian yang terdiri puluhan anggota Majelis Taklim ini didominasi oleh kaum Ibu. Mereka berterima kasih atas fasilitas tersebut. “Terima kasih Pak Epi, kami do’akan Pak Epi selalu sukses,” timpal seorang ibu anggota majelis taklim.

Dijelaskan, Kegiatan Religius Basapa 1441H berlangsung selama sepuluh hari pada bulan Syafar dalam hitungan Tahun Hijriyah, yang jatuh pada tanggal 16-26 Oktober 2019 Masehi di Kompleks Makam Masjid Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis, diikuti ribuan bahkan mencapai jutaan orang dari Padang Pariaman dan daerah lainnya di Sumbar hingga Riau, Jambi maupun Bengkulu. Kegiatan ini makin meriah karena sudah menjadi obyek wisata religi di Padang Pariaman. Wisatawan berdatangan ke Kompleks Masjid Syekh Burhanuddin sebagai masjid bersejarah dalam pengembangan agama Islam di Minangkabau.

Prosesi Budaya Religi Basapa (Bershafar) ini merupakan obyek wisata religi yang semakin diminati wisatawan. Momen tahunan yang berlangsung selama 10 hari dilaksanakan dalam tiga tingkatan yaitu dikenal dengan sebutan, Basapa Gadang, Basapa Ketek dan Basapa Buya Tuangku Shaliah.

Moment sakral Basapa menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan pengajian dan masyakat umum membuat Padang Pariaman kedatangan ‘tamu’ yang luar biasa banyaknya, setelah acara tahunan lain yaitu Tabuik.

“Tidak kurang sekitar dua juta pengunjung berseliweran selama prosesi Basapa ini, jejeran kendaraan dan tumpah ruahnya pengunjung menjadi bukti bahwa betapa tradisi religi ini menjadi magnet bagi Padang Pariaman sebagai daerah tujuan wisata,” kata Epi Karuik.

Momen spesial ini seperti ini, menjadi lebih berarti, kata seorang majelis taklim yang ikut Basapa karena adanya keinginan kuat warga masyarakat mendukung kandidat Bupati Padang Pariaman 2020-2025 Kompol Maymuspi SE MM atau Epi Karuik.

“Dengan disediakannya transportasi Basapa secara gratis, kami naik bus yang dipasang foto dan ucapan Selamat Basapa dari Maymuspi, bus kami menjadi salah satu bus yang membelah jalanan di tengah tumpah ruahnya pengunjung Basapa,” ucapnya.

Menurut Tuangku Naro, Maymuspi serius dalam menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Padang Pariaman. “Apalagi selaku orang yang dibesarkan di lingkungan pendidikan, putera seorang guru ini dari kecilnya selalu akrab dengan budaya, tidak salah bila masyarakat kaumnya Sikumbang menyematkan gelar adat kepada beliau selaku Panungkek Datuak Maruhun Basa,” ucapnya. (Inyiak)

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional