SUARA MINANG - Hari ini: Rabu, 8 Juli 2020

Menu

Wajibnya Shalat Berjamaah di Mesjid

  Dibaca : 14 kali
Wajibnya Shalat Berjamaah di Mesjid

Tausiyah Singkat Lima Menit (TASLIM)

Oleh: Yobana Samial
(Lembaga Surau Indonesia)

بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
اَلسَّــلاَمُ عَـلَـيْـكُمْ وَرَحْـمَـةُ اللَّهِ وَبَـرَكَاتُـهُ

Banyak orang laki-laki tidak menghadiri shalat berjama’ah tapi shalat sendiri, karena adanya pemahamannya tidak wajib shalat berjama’ah walaupun ia mendengar azan. Namun, diantaranya orang-orang menghadiri shalat berjama’ah karena pemahaman shalat berjama’ah adalah wajib, apabila mendengar azan.

Sebagaimana riwayat dari Abu Hurairah Ra, ia berkata: “Seorang buta (tuna netra) datang menemui Nabi Saw dan berkata: “Wahai Rasulullah, saya tidak memiliki penunjuk jalan yang akan menuntun ke mesjid.’ Lalu ia meminta keringanan kepada Rasulullah Saw untuk shalat di rumah dan beliau memberikan keringanan tersebut.

Ketika orang itu berpaling, beliau kembali bertanya: “Apakah engkau mendengar panggilan shalat (azan)?” Lelaki buta itu menjawab: “Benar.” Beliau bersabda: “Kalau begitu, penuhilah seruan tersebut (hadiri jama’ah shalat).” (HR Muslim: 653).

Riwayat lain dari Abdullah Ra, ada yang mengatakan Amru bin Qais Ra terkenal dengan sebutan Ibnu Ummi Maktum Ra, sang muazin, ia berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya di kota Madinah banyak binatang buas.” Maka Nabi Saw bersabda: “Apakah kamu mendengar seruan azan, “Hayya ‘alash shalaah, hayya ‘alal falaah? Kalau begitu, datangilah!” (HR Abu Dawud: 553).

Hadits di atas memberikan penekanan, agar kita melaksanakan shalat berjama’ah dan menolerir penghalang, seperti rasa letih, buta, cacat, ancaman seperti binatang buas, dan sebagainya. Bagaimana dengan kita yang sempurna dari segi fisik?

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat, aamiin.

(Sumber: Buku Riyadhus Shalihin & Penjelasannya, Karangan Imam An-Nawawi, hal: 670, Penerbit: Ummul Qura).

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional