SUARA MINANG - Hari ini: Jum'at, 24 Januari 2020

Menu

Pemprov Riau dan Sarinah Kerjasama Promosi dan Pemasaran Produk UMKM

  Dibaca : 6 kali
Pemprov Riau dan Sarinah Kerjasama Promosi dan Pemasaran Produk UMKM
Pemprov Riau dan PT Sarinah (Persero) menandatangani nota kesepahaman kerjasama promosi dan pemasaran poduk UMKM Riau di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (19/12/19). Foto: SM)

JAKARTA, Suara Minang – Pemerintah Riau dan PT Sarinah (Persero) kerjasama untuk promosi dan pemasaran produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mereka di pasar domestik dan mancanegara.

Nota kesepahaman keduanya ditandatangani oleh Diretur Utama PT Sarinah (Persero) dan Gubernur Provinsi Riau H Syamsuar disaksikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM)  Teten Masduki di Gedung Sarinah Thamrin, Kamis (19/12/19).

“Sebagian produk UMKM Riau itu akan diekspor ke mancanegara siang ini,” kata Dirut PT Sarimah (Persero) GNP Sugiarto Yasa.

Sarinah,  kata Sugiarto mempunyai misi mengembangkan pemasaran produk-produk UMKM dari seluruh daerah. Langkah ini, merupakan bagian dari upaya Sarimah mengubah perusahaan BUMN ini tidak lagi hanya sebagi ritel tetapi menjadi wadah bagi pemasaran produk UMKM. Sejumlah daerah pun sudah memasarkan produk mereka melalui kerjasama dengan Sarinah.

“Ini upaya transformasi penyajian Sarinah. Sebelum Kepri, sudah produk-produk dari Trenggalek (Jatim,  Banyuasin dan Lubuk Linggau (Sumsel), Manado, Maumere NTT),  Halmahera dan Papua. Kami ingin mewujudkan Sarinah sebagai pintu gerbang Indonesia,” bebernya.

Sugiarto mengatakan, Sarinah siap menampung produk kreatif dari daerah untuk dipamerkan dan dipasarkan di Sarinah. “Kami mengundang hadir produk kreatif anak bangsa ke Sarinah,” ujarnya.

Sebagai badan usaha yang bergerak dibidang ritel, tambahnya Sarinah memberikan peluang bagi para pelaku Industri Kecil dan Menengah dan UMKM dari seluruh Indonesia. Dalam hal ini, PT Sarinah (Persero) dan Pemprov Riau bekerjasama untuk meningkatkan pemasaran atau promosi melalui produk-produk unggulan daerah dari Kepri.

“PT Sarinah (Persero) dan Provinsi Riau bekerjasama untuk meningkatkan pemasaran dan peluang pasar terhadap produk-produk unggulan Provinsi Riau agar mampu bersaing dipasar yang lebih luas lagi sehingga dapat memberikan kontribusi lebih terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau,” ujarnya.

Gubernur Riau tanpa merinci mengatakan, daerahnya yang berupa kepulauan itu mempunyai sepuluh ribu lebih produk UMKM yang sebagaian sudah dipasarkan tidak saja di daerah tersebut tetapi juga sudah merambah ke negara tetangga, “kata H Syamsuar. (him)

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional