SUARA MINANG - Hari ini: Jum'at, 24 Januari 2020

Menu

Anjuran Menyempurnakan Shaf Pertama

  Dibaca : 5 kali
Anjuran Menyempurnakan Shaf Pertama

Tausiyah Singkat Lima Menit (TASLIM)

Oleh: Yobana Samial
(Lembaga Surau Indonesia)

بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
اَلسَّــلاَمُ عَـلَـيْـكُمْ وَرَحْـمَـةُ اللَّهِ وَبَـرَكَاتُـهُ

 

Dari Jabir bin Samurah Ra, ia berkata: Rasulullah keluar menemui kami seraya bersabda: “Tidakkah kalian ingin berbaris sebagaimana para malaikat berbaris dihadapan Rabb mereka?”

Kami berkata: Wahai Rasulullah, bagaimana para malaikat berbaris dihadapan Rabb mereka? Beliau bersabda: “Mereka menyempurnakan shaf-shaf yang terdepan, dan saling merapatkan dalam shaf.” (MHR Muslim: 430).

Riwayat di atas, menganjurkan agar kita menyempurnakan dan merapatkan shaf terdepan terlebih dahulu sebelum mengisi dan merapatkan shaf berikutnya. Namun, diantara kita tidak mengisi shaf terdepan yang belum sempurna (penuh). Mereka telah membuat shaf baru, yaitu shaf kedua, ketiga dan seterusnya. Kenapa demikian? Karena, mereka tidak mengetahui ilmunya (keutamaannya), yaitu agung pahalanya dan, juga mereka merasa nyaman pada shaf berikutnya, karena lebih lapang.

Shaf pertama adalah shaf yang tepat dibelakang (dekat) imam. Adapun shaf pertama di Masjidil Haram adalah shaf yang berada di tepi batas Thawwaf dan bukan terdekat dengan Ka’bah.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat, aamiin.

(Sumber: Buku Riyadhus Shalihin & Penjelasannya, Karangan Imam An-Nawawi, hal: 678, Penerbit: Ummul Qura).

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional