SUARA MINANG - Hari ini: Selasa, 24 Maret 2020

Menu

Presiden Jokowi Umumkan Kasus Corona Covid-19 Pertama di Indonesia

  Dibaca : 4 kali
Presiden Jokowi Umumkan Kasus Corona Covid-19 Pertama di Indonesia
Presiden Jokowi mengumumkan kasus dua warga Depok terinfeksi Corona Covid-19 di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/3/20) pagi. (Foto:Ist)

 

JAKARTA (Suara Minang)): Akhirnya Indonesia terjangkit virus corona (Covid-19). Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara mengumumkan dua orang, ibu dan anak Indonesia positif terinfeksi virus Corona, Senin (3/3).

Kedua orang itu mempunyai riwayat kontak dengan orang Jepang yang terinfeksi Corona berkunjung ke Indonesia.

“Orang (Jepang) yang terkena Corona berhubungan dengan dua orang. Ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwwa ibu ini dan putrinya positif Corona,” kata Jokowi.

Warga Jepang itu, jelasnya terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, kedua ibu dan anak itu sekarang diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso, Jakarta Utara. Keduanya ‘kena’ di daerah Depok. Ibu dan anak ini merupakan orang Indonesia pertama yang terjangkit Corona.

Sebelumnya, pada 27 Februari 2020 di Indonesia ada 136 kasus suspect Corona. Sebelum kasus ini beberapa warga negara lain tercatat positif Corona usai berkunjung ke Indonesia.

Salah satunya disebutkan seorang WN Jepang berusia 41 tahun di Malaysia yang dinyatakan positif Corona pada Jumat (28/2/20). Disebutkan ia kasus ke-24 di Malaysia dan kini dirawat di bangsal isolasi rumah sakit di Kuala Lumpur.

“Pasien mengalami gejala demam dan dirawat di rumah sakit swasta pada 17 Februari 2020. Tes deteksi COVID-19 diambil untuk kasus ini dan dikorfirmasi positif pada 27 Februari 2020,” ungkap Dirjen Kesehatan Malaysia Datuk Dr Noor Hisjam bin Abdullah.

Hisjam mengatakan, pasien itu ke Indonesia pada awal Februari, setelah sebulan sebelumnya ia bepergian ke Jepang.

Jepang merupakan negara ketiga dengan kasus infeksi virus Corona terbanyak setelah China dan Korea Selatan. Di jepang sudah ada kasus kematian sebanyak empat orang (berpotensi meningkat) akibat virus yang serupa SARS dan MERS ini.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia disorot berbagai pihak dalam penanganan kasus virus Corona. Ketika 55 negara teridentifikasi terjangkit virus ini, Pemerintah RI justru terkesan lamban untuk membuka hasil identifikasinya.

Per Kamis (27/2) lalu, sebanyak 2.801 orang di seluruh dunia meninggal akibat terinfeksi virus yang menyerang saluran pernapasan itu. Setelah China dengan angka kematian 2.788 jiwa, Iran sejauh ini menjadi negara kedua dengan kasus kematian terbanyak yakni 22 jiwa.

Penyebarannya yang masif setiap hari mengakibatkan Pemerintah Arab Saudi menangguhkan perjalanan umrah dan wisata ke negaranya. Akibatnya, ribuan jamaah umrah dari Indonesia batal untuk menunaikan ibadah umrah. (sus)

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional